ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Organel sel dan Fungsinya, Serta Perbedaan Sel Hewan dan Tumbuhan

Senin 13 2020
Halo Biologixme, jika sebelumnya kita sudah membahas perbedaan sel prokariotik dan eukariotik, uniseluler dan multiseluler, nah dalam postingan kali ini kita akan bahas mengenai organel-organel yang ditemukan dalam sel, serta kita bahas juga fungsi dari masing-masing organel. Yuk disimak!

Organel Sel
1. Nukleus (inti sel)
Di dalam nukelus terdapat nukleolus dan nukleoplasma. Nukleolus ini mengandung asam nukleat yang terdiri dari DNA dan RNA, dan asam nukleat ini berperan penting dalam menentukan sifat dari suatu organisme. Maka nukleus ini berfungsi dalam penentu sifat dan juga pengatur seluruh kegiatan sel

2. Membran sel
Membran sel tersusun dari fosfolipid bilayer. Fosfolipid bilayer ini memiliki dua bagian yang memiliki sifat berlawanan. Bagian pertama (kepala) disebut fosfat yang bersifat hidrofilik (suka air), bagian yang kedua (ekor) disebut lipid yang bersifat hidrofobik (takut air). Membran sel ini berfungsi dalam pengaturan lalu lintas zat di dalam sel.

3. Retikulum endoplasma (RE)
Retikulum endoplasma atau disingkat jadi RE ini merupakan sistem membran yang berlipat-lipat. Retikulum endoplasma dibedakan menjadi dua macam, yaitu retikulum endoplasma kasar dan retikulum endoplasma halus. 

Di dalam retikulum endoplasma kasar terdapat ribosom yang menempel di bagian membran luarnya, sedangkan retikulum endoplasma halus tidak ditempeli ribosom pada permukaan luar membrannya. Karena RE kasar memiliki ribosom, maka berfungsi untuk sisntesis protein membran dan juga vesikel transpor. Sedangkan RE halus berfungsi untuk sintesis lipid dan detoksifikasi.

4. Ribosom
Ribosom merupakan organel yang berukuran kecil. Fungsi dari ribosom adalah untuk sintesis protein. Ribosom dibedakan menjadi dua macam, yaitu ribosom bebas dan ribosom terikat. Ribosom bebas tersuspensi di dalam sitoplasma, sedangkan ribosom terikat terdapat pada retikulum endoplasma.

5. Sitoplasma
Sitoplasma atau cairan sel merupakan cairan berbentuk koloid atau setengah cair yang berfungsi sebagai tempat metabolisme sel.

6. Mitokondria
Mitokondria merupakan organel penting yang berfungsi dalam respirasi sel, respirasi sel sendiri bertujuan untuk menghasilkan energi. Mitokondria ini memiliki membran ganda, yaitu membran luar dan membran dalam, membran dalam memiliki lekukan yang disebut dengan kristae. Sedangkan di dalam mitokondria terdapat cairan yang disebut dengan matriks.

7. Kloroplas
Kloroplas merupakan organel yang berfungsi untuk mengubah energi cahaya menjadi energi kimia dalam bentuk glukosa. Proses ini disebut dengan fotosintesis. Sama dengan mitokondria, kloroplas juga memiliki membran ganda, yaitu membran luar dan membran dalam. Di dalam kloroplas terdapat dua bagian penting yaitu grana dan stroma.

8. Badan golgi/Aparatus golgi
Badan golgi berbentuk seperti vesikel yang bertumpuk. Badan golgi berfungsi untuk sekresi zat dan juga berfungsi untuk membentuk lisosom. Pada tumbuhan badan golgi disebut dengan diktiosom.

9. Lisosom
Lisosom merupakan organel yang dibentuk oleh badan golgi. Lisosom berfungsi dalam proses pencernaan intraseluler, menghancurkan bakteri dan mencerna organel-organel sel yang rusak.

10.Vakuola
Vakuola berfungsi sebagai tempat penimbunan zat dan juga pengatur kadar air di dalam sel. Pada protozoa vakuola ini ada dua jenis, yaitu vakuola makanan dan juga vakuola sentral.

11. Peroksisome
Peroksisom berfungsi untuk menghasilkan enzim katalase yang berperan dalam proses pengubahan hidrogen peroksida menjadi air dan oksigen.

12. Sentriol
Sentriol berfungsi dalam proses pembelahan sel. Umumnya pada setiap sel memiliki dua sentriol di sitoplasmanya. Sentriol ini letaknya  berdekatan dengan nukleus.

13. Dinding sel
Dinding sel berfungsi sebagai pemberi bentuk sel. Dinding sel bisa tersusun dari selulosa, hemiselulosa, lignin, pektin, suberin dan juga peptidoglikan (bakteri).

14. Sitoskeleton
Sitoskeleton atau rangka penyusun sel terdiri dari tiga macam, yaitu mikrofilamen dan mikrotubulus,. Mikrofilamen terdiri dari protein kontraktil yang disebut aktin dan miosin, mikrofilamen ini banyak ditemukan pada otot lurik. Sedangkan mikrotubulus merupakan protein yang berpilin berbentuk tabung, contoh mikrotubulus adalah benang spindel yang berperan penting saat pembelahan sel.

Perbedaan sel hewan dengan sel tumbuhan
Tidak semua organel ditemukan pada sel hewan maupun sel tumbuhan. Ada yang hanya ditemukan pada sel hewan saja ada pula yang ditemukan pada sel tumbuhan saja, ada pula yang ditemukan pada keduanya. Supaya lebih jelas, perhatikan tabel perbedaan sel berikut ini:
Organel sel, perbedaan sel hewan dan sel tumbuhan, dinding sel, kloroplas, vakuola, lisosom, sentriol
Perbedaan sel hewan dengan sel tumbuhan

Biologixme, sekarang kita sudah tahu kan fungsi dari masing-masing organel pada sel, serta perbedaan sel hewan dengan sel tumbuhan, awas jangan lupa lagi ya, nanti kita bahas ke materi jaringan, baik jaringan tumbuhan maupun jaringan hewan.
Share This :
Kang Din

Admin paling ganteng

0 komentar