ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Cara Mudah dan Cepat Menguasai Metabolisme

Kamis 28 2020
Halo Biologixme!

Pada beberapa siswa, materi metabolisme ini menjadi momok yang menakutkan. Baru mendengarnya saja sudah parno duluan. Padahal, materi metabolisme ini tidak seseram yang dibayangkan, hanya butuh sedikit kesabaran saja untuk memahaminya.

Tapi jangan khawatir, dalam postingan kali ini, admin akan memberikan tips khusus untuk memudahkan kalian dalam memahami materi metabolisme ini. Dijamin, setelah membacanya kalian akan mudah untuk memahaminya. Jadi disimak baik-baik ya.

Perlu kalian ketahui, bahwa di soal-soal yang sering muncul, baik di ulangan harian, ujian nasional, maupun soal-soal seleksi masuk ke perguruan tinggi, materi metabolisme ini selalu muncul. Dan yang paling sering ditanyakan tidak akan jauh-jauh dari:

1. Nama proses
2. Tempat/lokasi terjadinya proses tersebut
3. Bahan yang akan diubah
4. Dan hasil dari proses tersebut

Nah kalau sudah tau tipe soal yang sering ditanyakan, maka  kalian tinggal menguasai keempat komponen di atas saja, sisanya kalian akan memahaminya dengan cara banyak berlatih dari soal-soal yang ada.

Katabolisme:
1. Respirasi aerob
Ingat respirasi aerob itu adalah respirasi yang membutuhkan oksigen untuk menghasilkan energi, perhatikan reaksinya sebagai berikut:

Katabolisme, respirasi aerob, metabolisme
Respirasi aerob

Setelah itu, kamu pahami dan perhatikan baik-baik tabel di bawah ini, perhatikan nama proses, tempat, bahan dan hasil. Hapalin saja itu sedikit demi sedikit, lalu latih, maka nanti akan mahir.

Respurasi aerob, cara mudah dan cepat menguasai materi metabolisme
Tabel respirasi aerob

2. Respirasi anaerob
Pada respirasi anaerob, energi yang dihasilkannya lebih sedikit, yaitu hanya 2 ATP saja, baik pada pembentukan etanol (alkohol)l maupun asam laktat. Perhatikan tabel berikut.

Respirasi anaerob, fermentasi asam lakatat dan alkohol
Tabel respirasi anaerob: fermentasi alkohol dan fermentasi asam laktat

Anabolisme:
Perlu kalian ingat bahwa dalam anabolisme ini yang paling sering ditanyakan materi fotosisntesis, dan fotosintesis ini tentu sudah kalian kuasai reaksinya sejak di bangku SMP, bahkan mungkin SD. 

Bahan yang diperlukan adalah senyawa anorganik berupa CO2 dan H2O, serta cahaya matahari dan klorofil. Sedangkan hasilnya berupa glukosa dan oksigen, perhatikan reksi singkatnya berikut ini:

Fotosintesis, reaksi terang dan reaksi gelap
Reaksi fotosintesis

a. Fotosintesis 
Reaksi terang dan reaksi gelap
Tabel fotosintesis

Jika kamu sudah menguasai tabel-tabel di atas, dijamin bagaimanapun soalnya kamu pasti bisa jawab, nah sekarang silakan dilatih dan cari soal-soal tentang metabolisme, jika menemukan soal yang agak sulit, kamu tinggal memperdalamnya saja dengan cara membaca.

Nah biologixme! itulah tips dan trik untuk menguasai materi metabolisme dengan cepat. Tidak rumit bukan? Selamat mencoba!
Share This :
Kang Din

Admin paling ganteng

0 komentar