ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00-IDBLANTER.COM
ZDIRY-TUFWT-EBONM-EYJ00
BLANTERWISDOM105

Jaringan Otot

Jumat 21 2020

Jaringan otot
Halo biologixme!

Jika sebelumnya sudah dijelaskan mengenai jaringan epitel dan jaringan saraf, maka kali ini kita akan bahas mengenai jaringan yang ketiga yaitu jaringan otot. Jaringan otot juga akan dibahas lebih dalam pada sistem gerak, karena berfungsi sebagai alat gerak aktif.

Jaringan otot tersusun dari miofibril dan inti. Miofibril merupakan serat otot yang tersusun dari protein kontraktil yang disebut aktin dan miosin. Masing-masing sel otot dibatasi oleh pembungkus yang disebut dengan sarkolema.

Otot pada hewan terutama pada manusia terdiri dari tiga macam, yaitu otot lurik, otot polos, dan otot jantung. Pembagian otot menjadi tiga macam ini didasarkan pada  struktur dan fungsi dari otot tersebut. Untuk lebih jelasnya lagi maka perhatikan penjelasan berikut ini:

1. Otot lurik

Otot lurik disebut juga dengan otot rangka, karena otot ini menempel pada rangka dan jumlahnya paling banyak dalam tubuh. Otot lurik ini berbentuk silindris yang terdiri dari dua bagian yaitu bagian gelap (anisotrop) dan bagian terang (isotrop). Akibat dua bagian tersebut, otot lurik nampak memiliki garis-garis yang melintang.

Pada otot yang masih segar nampak berwarna merah. Hal ini dikarenakan terdapat pigmen otot yang disebut dengan miogen serta akibat adanya pembuluh darah.

Otot lurik memiliki jumlah inti yang banyak dan tersebar di bagian tepi otot. Otot lurik ini bekerja secara sadar sehingga disebut volunter. Otot lurik mampu menanggapi rangsangan dengan cepat namun mudah lelah.  

2. Otot polos

Otot polos berbentuk gelendong dan memiliki inti satu di tengah. Otot ini bekerja dibawah pengaruh saraf otonom, sehingga bekerja secara otomatis tanpa pengaruh kehendak kita, atau disebut juga dengan involunter. 

Otot ini bekerja tanpa mengenal lelah, meskipun harus bekerja dalam jangka waktu yang lama. Otot polos ini ditemukan pada organ-organ dalam seperti saluran pencernaan, sistem respirasi, sistem reproduksi dan bagian tertentu pada mata.

3. Otot jantung

Otot jantung merupakan otot yang istimewa, karena merupakan gabungan dari sifat otot lurik dan juga otot polos. Bentuk otot jantung  yaitu silindris yang memiliki percabangan. Inti terletak di bagian tengan dengan jumlah satu sampai dua saja.

Otot jantung dikendalikan oleh saraf otonom sehingga bekerja di luar kesadaran kita (involunter). Otot jantung juga tidak mudah lelah dan bekerja sepanjang waktu. Otot jantung hanya ditemukan pada jantung yaitu pada lapisan miokardium jantung.

Nah biologixme, itulah bahasan mengenai jaringan otot yang terdiri dari tiga macam, yaitu otot lurik, polos dan jantung. Selanjutnya kita bahas jaringan penyokong.

Share This :
Kang Din

Admin paling ganteng

0 komentar